Rangkaian Acara Haul Mbah Sambu Lasem 2016

rangkaian-acara-haul-mbah-sambu-lasem.jpg

OrangRembang.Com – Haul Mbah Sambu Lasem yang diperingati setiap tahun dengan beberapa agenda acara dan kegiatan. Haul merupakan ikhtiar para penerus untuk mengenang, mempelajari dan ngalap berkah atas perjuangan seseorang terlebih ulama dalam memperjuangkan masyarakat dan agama.

Sedikit mengetahui siap itu Mbah Sambu, dari berbagai sumber ditemukan bahwa nama asli Mbah Sambu yakni Sayyid Abdurrahman Basayaiban yang wafat pada tahn  1671. Menarik ke atas garis keturunan beliau merupakan putra dari raja kerajaan Pajang yang dalam sejarahnya merupakan awal mula kerajaan Mataran Islam, yakni Pangeran Benawa, putra dari Jaka Tingkir alias Sultan Hadiwijaya.

Pada zaman dahulu telah terjadi perompakan yang cukup membuat kekacauan didaerah Lasem dan sekitarnya yakni Sedayu Gresik, Tuban, Rembang, Pati sampai Jepara. Atas kekacuan tersebut mbah Sambu berhasil meredamnya. Atas jasa Mbah Sambu ini, Adipati Lasem membrikan tanah perdikan yang saat ini menjadi Masjid Jami’ Lasem sampai ke selatan wilayah kecamatan Pancur. Selain itu yang perlu diketahui mbah Sambu adalah menantu Adipati Lasem kala itu.

Tak heran jika sampai sekarang setiap tahunnya warga Lasem selalu mengadakan Haul Mbah Sambu Lasem karena mengingat jasa-jasa beliau kala itu. Cerita diatas hanya bagian kecil cerita-cerita beliau semasa hidup, masih banyak cerita hikmah beliau yang bisa kita jadikan teladan untuk generasi sekarang. Dipostingan lainnya akan kami lebih banyak menceritakan sejarah Mbah Sambu Lasem.

Rangkaian Acara Haul Mbah Sambu Lasem 2016

NoAcaraHari & TanggalJamKeterangan
1.Festival Al BanjariRabu, 14 Sepetember 201619.30 WibPeserta Maksimal 15 Grup Hadroh
2.– Khotmil Qur’an bin Nadhor
– Gema Maulid
Kamis, 15 September 201619.30 WibDibaca 700an orang & Grup Al banjari dari beberapa wilyah
3.Haul Mbah SrimpetJum’at, 16 September 201605.30 Wib –
4.Khitmil Qur’an bil GhoibKamis, 16 September 201607.30 WibDibaca oleh 300an Hafidz & hafidzoh
5.Haul Mbah SambuKamis, 16 Septemebr 201615.30 Wib –
6.Pawai KarnvalSabtu, 17 September 201613.00 WibRute:
Halaman Timur Masjid Jami’ Lasem – jamu Jago ke Timur – Rondan Gandeng – PP. Al Wahdah – Perempatan An Nashiriyyah – PP. Al Hamidiyah – PP. Al Islah – PP. Al Hidayat – Masjid Jami’ Lasem
7.Khitanan MassalSabtu, 17 September 201615.00 Wib –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top