Rekomendasi Pantai di Rembang yang Bisa Kamu Kunjungi Untuk Menghilangkan Penat

pulau-gede-wisata-rembang.jpg

Pulau Gede Rembang. Sumber: Wikimedia/UbaidillahElmuddin

orangrembang.com – Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Rembang, yang dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir R.A Kartini ternyata juga memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Letaknya di pinggir Laut Jawa sehingga membuat Rembang mempunyai wisata pantai dengan pemandangan yang indah.

Deretan pantai yang indah ini bisa jadi tempat wisata pilihan untuk menghilangkan penat di akhir pekan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi penduduk Jawa Tengah dan sekitarnya untuk segera menyiapkan rencana berlibur ke Rembang pada liburan panjang akhir tahun nanti. Agar tidak bingung untuk memilih lokasi yang akan dikunjungi, berikut adalah rekomendasi pantai di Kabupaten Rembang.

1. Pulau Gede di Rembang

Pulau ini terletak di Desa Tasikharjo, Kaliori dan tidak terlalu jauh dari Pantai Pasir Putih Desa Wates. Untuk berkunjung ke pulau ini, wisatawan dapat menyewa perahu dari Desa Wates ataupun dari Pantai Karang Jahe. Agar jarak tempuh tidak terlalu jauh, sebaiknya wisatawan berangkat dari Desa Wates yang akan menempuh perjalanan sekitar setengah jam saja. Harga yang biasa ditawarkan untuk menyewa perahu mulai dari 300-400 ribu rupiah.

Tergolong sebagai destinasi wisata baru, tentu saja fasilitas di pulau ini belum terlalu lengkap dan memadai. Hanya terdapat beberapa warung dan toilet umum saja. Sebaiknya, untuk membawa peralatan camping dan perbekalan sendiri ketika mengunjungi lokasi wisata yang satu ini.

Tempat ini sangat direkomendasikan kepada para penikmat alam yang mengincar lokasi perkemahan bernuansa alam. Pulau ini juga menjadi titik yang bagus untuk menikmati indahnya pemandangan matahari tenggelam ataupun terbit sehingga banyak wisatawan yang datang kesini untuk mengabadikan momen tersebut.

2. Pantai Caruban

Pantai Caruban Wisata Rembang

Pantai Caruban Rembang. Sumber: Instagram.com/wulan0188

Salah satu pantai lain di Rembang ini berlokasi di Gedongmulyo, Kecamatan Lasem. Lebih jelasnya lagi, para wisatawan dapat menggunakan Google Maps ketika menuju ke Pantai Caruban ini. Dengan infrastruktur jalan yang cukup bagus, perjalanan menuju pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Rembang.

Biaya yang diperlukan untuk berwisata ke pantai ini juga cukup murah. Hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5000/orang. Selain tiket masuk, pengunjung juga perlu membayar biaya parkir dengan tarif Rp5000/mobil dan Rp3000/motor. Cukup terjangkau, bukan?

Sebagaimana tempat wisata yang sudah terkelola, Pantai Caruban memiliki berbagai fasilitas seperti toilet umum, warung makan, pusat informasi, gazebo untuk beristirahat, toko aksesoris dan musala. Di pantai ini juga terdapat banyak titik foto yang memiliki pemandangan indah dan jika beruntung para wisatawan dapat menyaksikan panorama sunset yang memukau di sore harinya.

Dengan garis pantai yang cukup panjang dan ditumbuhi pohon cemara di pinggir, menjadikan pantai ini sebagai area fotografi yang diminati oleh orang banyak. Mengambil foto menggunakan drone juga dapat menjadi pilihan, asalkan berhati-hati karena angin pantai yang cukup kencang khususnya di sore hari.

3. Pantai Dampo Awang

Terletak di pusat Kota Rembang, dulunya tempat ini dikenal dengan nama Taman Kartini. Namun, saat  ini sudah berganti menjadi Pantai Dampo Awang atau Wisata Bahari Dampo Awang. Pantai ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah dicapai, lebih tepatnya berada di samping Kantor Bupati Rembang. Harga tiket masuk pun tergolong murah, yaitu hanya Rp10.000/orang.

Yang menjadikan pantai ini unik bukan hanya pemandangan laut yang indah, tetapi terdapat berbagai wahana rekreasi, panggung hiburan, danau buatan, kolam renang, kebun binatang mini, dan fasilitas outbound di area yang sama. Fasilitas lainnya pun juga cukup lengkap seperti tempat istirahat, toilet umum, kedai makanan, toko aksesoris dan pusat informasi.

Dengan adanya fasilitas yang berbagai macam tersebut, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan. Namun, bagi pengunjung yang ingin fokus untuk menikmati indahnya lautan, dapat juga bersantai di anjungan yang berada di atas laut sambil menikmati angin pantai. Pengunjung juga dapat menaiki perahu wisata yang disediakan dengan biaya tambahan.

4. Pantai Karang Jahe

Pantai Karangjahe Wisata Rembang

Pantai Karangjahe Rembang. Sumber: Instagram.com/zay_nurie

Dengan menempuh perjalanan selama 15 menit dari pusat Kota Rembang, para wisatawan dapat tiba di Pantai Karang Jahe yang merupakan salah satu tempat wisata populer di Kab. Rembang. Untuk masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya masuk, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5000/kendaraan roda dua dan Rp10000/kendaraan roda empat.

Pantai ini terkenal karena keindahan pasir putihnya yang bersih dan cukup terawat. Ribuan pohon cemara yang ditanam di sepanjang pantai juga turut menambah keindahan pantai ini. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, seperti menaiki ATV yang disewakan, mengambil foto pemandangan, melakukan aktivitas outbound hingga berkemah.

Fasilitas yang disediakan pun juga cukup lengkap seperti kedai makanan, toilet umum, tempat istirahat, dan musala. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, terdapat tempat penyewaan tenda dan peralatan berkemah di sekitar pantai. Jadi tidak perlu repot untuk membawa banyak peralatan camping.

Untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga dapat mampir ke hutan mangrove, berjarak sekitar 5 km sehingga dapat ditempuh dengan waktu 10 menit. Di sekitar pantai juga terdapat banyak penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat dikunjungi di Rembang, Jawa Tengah. Dengan lokasi yang berada di pinggir laut,  tentu saja wisata bahari dan pantai menjadi lokasi yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Rembang. Semoga dengan informasi yang diberikan dapat membantu para wisatawan memilih tempat yang pas untuk dikunjungi. Selamat jalan-jalan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top