Radio CBFM Rembang (Radio Citra Bahari FM)

radio-cbfm-rembang-citra-bahari-fm.jpg

OrangRembang.Com – Radio Citra Bahari FM Rembang atau orang Rembang seringnya menyebut Radio CBFM Rembang adalah salah satu radio di kabupaten Rembang yang memiliki sejarah panjang. Jaman sebelum frekuensi FM banyak digunakan saat ini, Radio CBFM menggunakan frekuensi AM dengan nama RSPD Rembang atau Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Rembang. Ternyata sejarah panjang kebelakang tidak berhenti dinama RSPD, sebelumnya menggunakan nama Radio Siaran Daerah Rembang (SIRADAR) yang lahir di penghujung tahun 60-an.

Lahirnya SIRADAR yang menjadi cikal bakal Radio CBFM Rembang dalam catatannya terdapat beberapa nama yang mewakili organisasi masyarakat saat itu, diantaranya mereka adalah As’ad dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), BM Ridwan yang biasa dipanggil Bang Muh dari Pemuda Muhammadiyah, Musta’in dari PNI, Hendro Sukanto dari Gerakan Angkatan Muda Kristen dan yang terakhir Tan Bi Lung dari Pemuda Katholik. Beberapa kali diskusi mereka sepakat ingin membuat sebuah kegiatan yang baik dan memberikan efek positif berupa hiburan. Maka sepakatlah mereka untuk membuat SIRADAR yang tidak berkaitan dengan politik dan jauh dari SARA.

Singkatnya, radio ini sebelumnya mengudara cukup lama dengan RSPD Kabupaten Rembang hingga akhirnya beroperasi sampai dengan tahun 2003. Nah, karena persaingan bisnis di dunia Radio yang sangat pesat di Rembang dengan banyaknya bermunculan radio swasta dengan frekuensi FM, pada bulan Oktober tahun 2003 bupati kabupaten Rembang mengeluarkan SK tentang perubahan dari RSPD menjadi Radio Citra Bahari FM yang kemudian disingkat CBFM Rembang.

Radio CBFM Rembang merupakan radio plat merah kabupaten Rembang. Tempatnya berada disebelah barat area Museum RA. Kartini. Radio yang fokus pada pemeberitaan kabupaten Rembang ini mengudara sejak pukul 05.00 – 24.00 WIB. Channel Radio CBFM berada di frekuensi 101.9 FM. Radio ini selain menjadi fungsi utama media pemberitaan pemerintahan kabupaten Rembang, Radio CBFM Rembang juga mengudara dengan berbagai macam lagu, dari lagu campursari, keroncong, pop, slow rock sampai tembang kenangan. Selain itu juga ada dialog interaktif atau talk show berbagai hal yang telah disiapakn oleh tim redaksi.

Lokasi Radio CBFM Rembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top