Festival Thong-thong Klek Kab. Rembang 2014

festival-thong-thong-klek-kab-rembang-2014.jpg

OrangRembang.Com – Festival Thong-thong klek merupakan event tahunan setiap akhir bulan ramadhan yang diselenggarakan Dinas Kebudayan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang, event ini selalu menarik minat orang rembang sendiri dan dari luar kota Rembang. Tak heran sejak pukul 20.30 wib jalanan rute arak-arakan festival sudah dipenuhi penonton. Rute festival thong-thong klek dimulai dari perempatan SDN Kutoharjo 1/SDN Kutoharjo 3 – jalan Hos Cokroaminoto – perempatan Jaeni – perempatan Galonan.

Festival ini diadakan sejak tahun 70-an sampai sekarang. Awalnya kategori grup yang dilombakan yaitu Tradisional dan Elektrik, namun seiring perjalanan waktu, hanya grup tradisional saja yang dilombakan. Perbedaannya keduanya adalah jika Grup Tradisional hanya menggunakan alat-alat tradisional tanpa tambahan alat-alat musik modern seperti kentongan, kendang, dll. Sedangkan untuk Grup Elektrik menggunakan alat musik modern (bebas) seperti drum, gitar, piano, dll.

Untuk tahun ini jumlah perserta yang terdaftar 6 grup tradisional dan 27 grup elektrik. Sedikit disayangkan dari tahun ke tahun jumlah grup tradisional kian berkurang. Sedangkan grup elektrik nampaknya kian bertambah. Nah, yang cukup disayangkan lagi dari tahun ke tahun untuk grup elektrik sepertinya sudah keluar dari niat awal, yaitu sebagai musik penggugah sahur. Grup elektrik sekarang ini malah nampak seperti dangdut keliling. Hal ini terlihat dari keikutsertaan orkes musik Monata dalam festival ini.

Lagu-lagu yang dilantukan untuk tahun ini cukup beragam, namun nampaknya lagu tentang Kab. Rembang yang berjudul Rembang Bangkit tidak masuk dalam daftar lagu pada festival tahun ini. Nah berikut lagu-lagu pada festival thong-thong klek tahun ini:

Lagu Wajib Thong-thong Klek 2014

  1. Padang Bulan (Magdalena)
  2. Cintai AKu Karena Allah (Caka) oleh Novy Ayla

Lagu Pilihan Thong-thong Klek 2014

  1. Hidup Sakinah (Ipunk dan Lilis Haliza)
  2. Puasa (Bimbo)
  3. Kumpul Sedulur (Didi Kempot)
  4. Lir Ilir (Didi Kempot)
  5. Ramadhan Ya Ramadhan (Syahrul G)
  6. Dengan Nafasmu (ungu)

Festival Thong-thong klek menjadi destinasi pariwisata, karena festival ini cukup menarik mengingat di beberapa kota lain sepertinya tidak ada festival sejenis. Semoga kedepan festival ini tetap menjadi ikon kota Rembang. Berikut foto-foto Festival Thong-thong Klek Kabupaten Rembang 2014.

Oh iya jangan sampai ketinggalan update informasi tentang Kabupaten Rembang dengan cara follow twitter kami @OrangRembang (Rembang Update) atau kunjungi www.OrangRembang.com secara berkala. Oke Sekian dulu untuk update tentang Festival Thong-thong Klek tahun 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top