Cara Kerja Software HR dalam Mengelola Data

cara-kerja-software-hr-dalam-mengelola-data.jpg

OrangRembang.Com – Saat ini, mengelola data perusahaan tidak lagi sulit dengan adanya aplikasi dan software HR yang berfungsi untuk mempermudah proses pengelolaan data perusahaan. Software HR sendiri mampu mengelola data secara akurat dan efektif, mulai dari data pribadi karyawan, data terkait pembayaran gaji, dan lain sebagainya.

Beberapa perusahaan masih belum benar-benar mengetahui bagaimana sistem atau cara kerja sebuah software HR. Padahal, software HR memiliki cara kerja yang sangat mudah dan dapat membantu pengelolaan data perusahaan tanpa hambatan. Di bawah ini ada beberapa cara kerja software HR dalam mengelola data perusahaan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perusahaan Middle Up Membutuhkan Software HR

Mengatur Proses Rekrutmen
Seiring perkembangan zaman, proses rekrutmen karyawan saat ini semakin mudah. Pihak Human Resources atau HR tidak harus selalu bertemu langsung dengan calon pelamar atau para kandidat. Tes atau proses seleksi bisa dilakukan secara online. Seleksi online tersebut dapat berlangsung efektif dengan bantuan software HR seperti LinovHR.

Selain seleksi, pekerjaan HR juga dapat dimudahkan dengan kemampuan software HR untuk memperkirakan jumlah karyawan yang dibutuhkan. Dengan mengakumulasi kebutuhan perusahaan secara keseluruhan, software HR akan secara otomatis menghitung berapa karyawan yang perlu direkrut untuk setiap divis. Data para calon karyawan pun akan tersimpan dengan baik di dalam software tersebut dan disesuaikan dengan kebijakan yang sebelumnya telah terlebih dahulu dibuat oleh pihak perusahaan.

Mendata Jam Kerja dan Absensi Karyawan
Apabila sebuah perusahaan memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak, akan sangat sulit bagi pihak HRD untuk memantau jam kerja dan absensi karyawan satu persatu. Melalui software, lama jam kerja setiap karyawan dan absensi selama satu bulan dapat terpantau secara otomatis dan masuk ke dalam sistem.

Jumlah kehadiran karyawan dapat terlihat lewat sistem software ketika mereka melakukan absensi. Hal ini juga termasuk ke dalam jam-jam tambahan di luar jam kerja, seperti lembur dan cuti. Software akan memperhitungkan absensi karyawan dan akan membantu pihak HRD untuk memperhatikan kinerja setiap karyawan dalam perusahaan.

Melakukan Pembayaran Gaji
Selain mengelola data karyawan, software HR seperti LinovHR juga dapat membantu perusahaan dalam melakukan pembayaran gaji karyawan. Setelah memantau kinerja dan absensi setiap karyawan, software akan menghitung berapa biaya gaji yang harus dibayar kepada setiap karyawan. Penghitungan gaji ini juga secara otomatis telah ditambahkan dengan upah lembur dan berbagai tunjangan lainnya.

Setelah melakukan pembayaran gaji, software akan mencetak slip bukti pembayaran gaji kepada karyawan. Slip ini bisa menjadi jaminan bahwa perusahaan melakukan pembayaran gaji kepada karyawannya tepat pada waktu yang telah disepakati sejak awal. Hal ini dapat menghindari kesalahan pihak HRD apabila salah menghitung absensi karyawan dan terlambat melakukan pembayaran gaji.

Dengan menggunakan LinovHR, hal-hal yang bersifat adminisratif pada divisi HR di perusahaan anda dapat terselesaikan dengan baik. Sehingga anda dapat fokus kepada bisnis inti anda yang bersifat strategis. Kunjungi website kami di sini, https://www.linovhr.com untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top