Wisata Hutan Mangrove di Kab. Rembang

jembatan-merah-hutan-mangrove-rembang.jpg

instagram @ahmadrosyidmustaghfirin

OrangRembang.Com – Potensi pariwisata bahari yang cukup banyak di Kabupaten Rembang merupakan aset berharga. Garis pantai yang panjang dari ujung barat sampai ujung timur menjadikan Kabupaten Rembang sangat potensial jika mengembangkan sektor pariwisata bahari. Nah, salah satunya Wisata Hutan Mangrove di Pasarbanggi Rembang.

Kawasang Hutan Mangrove ini merupakan salah satu cara untuk menangkal abrasi laut yang mengeruk bibir pantai, disamping itu area tambak selamat dari gerusan ombak laut. Menurut Pak Suyadi yang merupakan penggerak penanaman Mangrove di sepanjang bibir pantai Pasarbanggi mengatakan “Jika dibiarkan saya khawatir warga Desa Pasarbanggi akan direlokasi karena abrasi”

Untuk menuju ke wisata hutan mangrove ini sangat mudah, dari Kota Rembang menuju ke timur arah ke Lasem, pertigaan clangapan terus saja, sampai kiri jalan ada papan tulisan Hutan Wisata Mangrove, masuk ke jalan desa. Ikuti petunjuk jalan yang ada.

Biaya untuk masuknya cukup murah, cukup merogoh kocek Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan. Untuk menuju ke Hutan Mangrove tidak dikenakan biaya.

Perlu diketahui sampai tulisan ini di posting, luas wilayah hutan mangrove kurang lebih 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Jenis tanah di hutan mangrove ini berupa Gromsol berpasir dan lumpur, Selain itu di hutan mangrove ini tertanam 6 jenis pohon mangrove, yaitu:

  1. Rhizophora Spp
  2. Rhizophora apiculata
  3. Avicenia marina
  4. Avicenia alba
  5. Soneratia alba
  6. Xilocartus Spp

Pokoknya wisata ini rekomendasi buat yang ingin wisata bahari dengan suasana yang berbeda. Untuk Orang Rembang harus bahkan wajib untuk berkunjung ke hutan mangrove di Pasarbanggi ini.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata hutan bakau rembang ini adalah pagi atau sore hari, meskipun jika berkunjung pada siang hari bukan jadi soal, tapi jika berkunjung pada waktu pagi atau sore hari kamu akan mendapatkan pengalaman berada di hutan bakau yang seru.

Jika kalian punya foto hutan bakau Rembang terbaik, kalian bisa tag via instagram Orang Rembang. Berikut ini foto-foto di Wisata Hutan Mangrove di Kabupaten Rembang:

Wisata Hutan Mangrove

5 thoughts on “Wisata Hutan Mangrove di Kab. Rembang”

  1. rembang berkata:

    bagus banget tuh wisata rembang, banyk banget wisata dirembang khususnya pantai

  2. wisata karimunjawa berkata:

    salam,
    hutan mangrove nnya kelihatannya keren gan..hampir mirip yg ada di pulau karimunjawa. jaga baik2 ya gan ^_^
    makasih

  3. Heru Ananta berkata:

    Masih alami sekali. Jangan cuma dipotret saja saat wisata, tetapi dinikmati.

  4. umi berkata:

    sy jd org rembang belum pernah ke lokasi. sibuk nyangkul di Jakarta. hehe

    1. Orang Rembang berkata:

      Wah….. kalau pulang ke Rembang wajib main ke mangrove, KJB dan wisata di Rembang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top