Sanggar Tari Galuh Ajeng Kabupaten Rembang

sanggar-tari-galuh-ajeng-kabupaten-rembang.jpg

PAGELARAN TARI AKHIR SEMESTER GENAP SANGGAR GALUH AJENG REMBANG
TAHUN PELATIHAN 2013 / 2014

Sanggar Tari Galuh Ajeng merupakan salah satu sanggar tari yang eksis di Kabupeten Rembang, yang mana telah melahirkan para penari dan seniman yang berbakat dan dikenal di kalangan masyarakat kabupaten Rembang.

Sanggar Tari ini berdiri tahun 1980-an dengan lokasi latihan di Komplek Sanggar Budaya Kabupaten Rembang atau Komplek Museum Kartini Rembang. Salah satu program kegiatan tahunan Sanggar Galuh Ajeng adalah Pagelaran Akhir Semester, yang mana setiap tahun diadakan 2 kali pagelaran yaitu Akhir Semester Ganjil dan Akhir Semester genap. Dengan adanya program tersebut, maka pada Hari Minggu, 21 September 2014 Sanggar Galuh Ajeng mengadakan kegiatan Pagelaran Tari AKhir Semester Genap Tahun Pelatihan 2013 / 2014. Pagelaran kali ini diikuti oleh 90 siswa sanggar yang dengan 9 penampilan tari dan 1 fragmen.

Tujuan diadakannya pagelaran ini adalah sebagai sarana evaluasi latihan siswa selama berlatih di semester genap ini. Acara pagelaran kali ini di buka dengan tari Baladewan yang diperagakan oleh 6 Siswi, kemudian dilanjutkan dengan Tari Payung, Tari Ikan, Tari Rampak, TariTerang Wulan, Tari Ulo-ulonan, Tari Gambir Anom, Tari Bambangan Cakil, dan Tari Bambangan Cakil Perang Kembang.

Pagelaran di mulai pukul 10.00 dan selesai pukul 13.00. Dari Secuil kisah cerita pada pagelaran kali ini, ada satu penampilan yang menarik dan langka, yaitu penampilan tari Bambangan Cakil yang di peragakan oleh Lia dan Uni’. Lia dan Uni’ merupakan saudara kembar perempuan yang sudah bergabung di sanggar Galuh Ajeng sejak kelas 2 SD atau 3 tahun yang lalu. Dari Penampilan Lia dan Uni’ Lia berperan sebagai Buta Cakil dan Uni’ berperan sebagai Janaka dan ternyata di Kabupaten Rembang baru ditemukan Cakil Perempuan berusia anak-anak.

Pada awalnya penonton tidak menyadari kalau yang berperan sebagai Cakil adalah seorang anak perempuan, Karena dari gerak dan ekspresi tarinya tidak kalah dengan cakil laki-laki. Pagelaran di tutup dengan kejutan dari para pelatih dan panitia, yang awalnya tegang ketika melihat murid-muridnya tampil akhirnya para pelatih di daulat harus menari dengan iringan music yang spontan. Walhasil semua panita, pelatih, dan pendukung acara naik ke atas panggung dan berjoget ria dengan menggunakan topeng. Demikian seklumit cerita pagelaran Tari Akhir Semester Genap Sanggar Tari Galuh Ajeng Rembang pada tahun Pelatihan 2013 /2014. Semoga kedepan Sanggar Tari Galuh Ajeng semakin eksis dan selalu konsisten melestarikan budaya adiluhung yang menjadi warisan para leluhur bangsa.(kang Zen)

Pimpinan: Puji Purwati, S.Pd.
Sekretariat: Perum Puri Baru Blok IV / 1 Mondoteko Rembang
Kontak: 081326628704/081326607464

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top