Pesta Rakyat Hari Jadi Kabupaten Rembang Ke 275

pesta-rakyat-hari-jadi-kabupaten-rembang-275.jpg

OrangRembang.Com, Rembang – Ada yang beda dengan Pesta Rakyat Hari Jadi Kabupaten Rembang ke 275 tahun 2016. Pasalnya pada tahun ini pemerintah Kabupaten Rembang mengadakan serangkaian acara sebagai wujud rasa syukur atas anniversary ke 275. Acara yang akan dipusatkan di alun-alun Kota Rembang ini rencananya akan digelar pada Rabu, 27 Juli 2016.

Pada hari jadi kabupaten Rembang ke 275 mengangkat tema “Melalui  Peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Rembang dan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Mari Kita Bersatu Padu Dalam Membangun Rembang Menuju Rembang Madani dan Sejahtera”

Rangakainnya akan dimulai dengan upacara hari jadi. Pembina pada upacara tersebut Bupati Rembang bapak H. Abdul Hafidz. Upacara ini akan diikuti oleh semua SKPD Kabupaten Rembang, kepala Desa se-Kabupaten Rembang, instansi vertikal, masyarakat dan Bupati tetangga. Nah yang menarik daripada upacara-upacara lainnya adalah semua peserta akan memakai pakaian beskap jawa kecuali TNI, Polri, Dinhubkominfo, Satpol PP, dan Linmas. Ada satu lagi yang menarik, tata acara upacara akan menggunakan bahasa jawa.

Pesta rakyat hari jadi kabupaten Rembang ke 275 ini akan dimeriahkan oleh:

  1. Perform display Marching Band
  2. Kesenian asli Rembang Pathol Sarang
  3. Kesenian asli Rembang Tari Orek – Orek.
  4. Pencak silat
  5. Barongan
  6. Barongsai
  7. Thong-Thong Lek Rembang

Selain itu, pemerintah kabupaten Rembang juga akan menyediakan kurang lebih 10 ribu porsi Lontong Tuyuhan yang merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Rembang yang akan didatangkan langsung dari desa asal makanan khas ini, Desa Tuyuhan. Oh ya rangkain acara Anniversary ke 275 juga akan ada konser musik hari jadi kabupaten Rembang 275, yang akan mendatangkan artis ibu kota yaitu Band Armada, Aura Kasih dan Atika Dora. Konser tersebut akan digelar pada Sabtu, 30 Juli 2016 di lapangan Rumbut Malang Rembang.

Perlu diketahui sebagai Orang Rembang bahwa penetapan hari jadi kabupaten Rembang ditetapkan pada tanggal 27 Juli 1941. Hal ini yang menjadi dasar hukumnya yaitu PERDA Kabupaten Rembang No 6 Tahun 1993. Banyak fakta sejarah yang melatar belakangi penetapan Hari Jadi Kabupaten Rembang, salah satunya yaitu peristiwa penghancuran Garnisum Kompeni di Rembang 27 Juli 1741 yang ditandai kematian Residen Rembang. Sejarah lebih lengkap bakal diulas dilain waktu.

Kami segenap tim redaksi OrangRembang.Com mengucapakan selamat hari jadi kabupaten Rembang ke 275. Semoga Rembang semakin baik, semakin maju dalam segala bidang dan menjadi kabupaten yang aman, makmur dan gemah ripah lohjinawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top