Festival Thong-Thong Lek Kabupaten Rembang 2016

festival-thong-thong-lek-kabupaten-rembang-2016.jpg

OrangRembang.Com – Event tahunan Kabupaten Rembang setiap bulan Ramadhan salah satunya yaitu Festival Thong-Thong Lek Rembang 2016. Event dibawah koordinasi DINBUDPARPORA Kabupaten Rembang merupakan salah satu bentuk menjaga kearifan lokal Rembang. Karena event ini sudah menjadi ageda rutin yang ditunggu-tunggu masyakarat Rembang dan menjadi destinasi pariwisata Rembang.

Tema pada festival Thong-thong Lek tahun ini mengangkat teman “Melalui Festival Musik Thong-Thong Lek Kabupaten Rembang Tahun 2016, Kita Tingkatkan Budaya Prestasi Dalam Mewujudkan Rembang Bersatu Untuk Maju “

Awalnya budaya yang kemudian dilombakan ini yaitu Thong-thong lek, berasal dari kata “Thong” yang memiliki arti bunyi kenthongan dan “Lek” dari kata melek : bahasa jawa yang memliki arti bangun. Nah, kegiatan tersebut dilakukan keliling kampung pada waktu dini hari sampai menjelang subuh, dimaksud untuk membangunkan orang untuk sahur.

Alat utama yang digunakan pun cukup sederhana, sebuah batang bambu yang dipotong dan dibuat sedemikian rupa sehingga, kemudian dipukul dengan batang bambu segenggaman orang dewasa. Kemudian alat-alat musik tradisional seperti drum bekas, ember, gamelan, gong dan alat-alat tradisional kreasi lainnya.

Festival Thong-Thong Lek Kabupaten Rembang 2016 ini, merupakan sebuah event yang turun temurun sejak lama dan diperkiraan sejak tahun 70an. Festival ini menjadi salah satu seni budaya di Kabupaten Rembang dan juga menjadi hiburan untuk masyarakat Rembang sewaktu bulan Ramdhan tiba. Oleh karena itu DINBUDPARPORA Rembang tidak pernah absen untuk menyelenggarakan event festival thong-thong lek ini.

Event Festival Thong-Thong Lek Kabupaten Rembang 2016

Rapat Rapat

  • Rapat Koordinasi: Rabu, 25 Mei 2016
  • Rapat Temu Tehnik: Rabu, 15 Juni 2016.

Pendaftaran

  • Penutupan Pendaftaran: Rabu, 29 Juni 2016
  • Tempat: Kantor Dinbudparpora Kabupaten Rembang
  • Waktu: 08:00 WIB – 14:00 WIB

Kategori Lomba

  • Thong-thong lek Musik tradisional

Pelaksanaan

  1. Babak penyisihan
    Pawai Keliling: kamis, 30 Juni 2016
    Waktu: 20.30 WIB – Selesai
    Rute: Start dari perempatan SDN 1 /SDN 3 ke barat jalan Dr.Sutomo – Perempatan Jaini – Jalan Kartini – Jalan Pemuda dan finish di Galonan.
  2. Babak Grand Final
    Pentas Panggung: Jum’at, 1 Juli 2016
    Waktu: 20.30 WIB – Selesai
    Tempat: Halaman Stadion Krida Rembang.

Lagu-Lagu

  1. Lagu Wajib : Kota Santri (Anang feat KD), A Ba Ta Tsa (Wali Band), Pepeling
  2. Lagu Pilihan : Hari Jum’at (Pallapa), Padang Bulan, Takon Wali (Wali), Marhaban Ya Ramadhan (Opick), Kisah Sang Rasul (Wali), Ilir – ilir, Rembang Bangkit, Rindu Muhammadku.

Hadiah

  1. Juara I : 3 Juta
  2. Juara II : 2,5 Juta
  3. Juara III : 2 Juta
  4. Juara Harapan I, II, III mendapatkan @1 Juta.

Catatan:

  • Festival thong-thong lek kabupaten Rembang 20916 diharuskan membawakan lagu-lagu yang bernuansa islami
  • Memakai pakaian yang rapi dan sopan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia Festival Thong-thong Lek DINBUDPARPORA Kabupaten Rembang. Untuk melihat semaraknya thong-thong lek sebelumnya klik tautan ini Festival Thong-thong Lek Rembang 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top